Di masa pandemi covid seperti saat ini banyak hal yang harus sementara ini berhenti. Salah satunya adalah sektor pariwisata. Mungkin sekitar 5 bulan ini industri pariwisata khususnya di Jogja yang dikenal sebagai kota wisata, berhenti beroperasi. Hal ini tentu sangat berpengaruh dengan banyaknya orang yang menggantungkan hidup dari wisata. Sebut saja orang destinasi, orang hotel, orang transportasi, pedagang dan banyak lainnya.

Kondisi seperti ini tentunya membuat roda perekonomian sangat terpengaruh, dan disisi lain kesehatan juga harus tetap terjaga agar virus corona tidak terus menyebar atau dengan kata lain bisa dikendalikan. Banyak yang berharap wabah ini segera bisa berakhir. Minimal kita sudah siap dengan yang namanya tatanan baru atau new normal.

Ujicoba Pembukaan Destinasi @ Seribu Batu Songgo Langit #FAHMI.WEB.ID

New normal bisa dimaknai sebagai cara hidup baru dengan kondisi seperti saat ini. Yaitu hidup seperti ‘biasa’ tapi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Agar proses kehidupan masyarakat bisa mulai berjalan menuju normal dan persebaran covid bisa diputus atau dihentikan. Memang bukan sesuatu yang mudah melihat lingkungan kita saat ini, tapi itu harus dicoba dan dibiasakan. Kita semua punya peran yang sama untuk saling memberikan edukasi ke sesama minimal lingkungan kita masing – masing.

Untuk menuju ‘new normal’ pada sektor pariwisata, pemda sudah menyiapkan berbagai skenario, diantaranya menyiapkan sebuah sistem yang bisa digunakan calon wisatawan untuk melakukan ‘booking’ tiket destinasi. Ini dilakukan secara online, karena nantinya kapasitas pengunjung destinasi akan dibatasi. Melalui aplikasi yang disiapkan ini, pengunjung dapat langsung membayar secara non tunai langsung di aplikasi. Selain untuk memudahkan pengunjung dan pengelola dalam menjalankan aktifitas menghapi new normal, lebih dari itu aplikasi ini juga didesain untuk pendataan para pengunjung. Sehingga apabila ada kasus covid di destinasi (semoga jangan sampai ada) akan mudah untuk melakukan penelusuran dan tindak lanjut.

Uji Coba Pendataan Pengunjung dengan Scan QR Code @ Gunung Api Purba Nglanggeran #FAHMI.WEB.ID

Semoga yang kecil ini bermanfaat khususnya untuk stakeholder pariwisata di Jogja. Dan harapannya aktifitas sektor pariwisata bisa kembali berjalan, tapi faktor keamanan dan kesehatan wisatawan tetap terjaga.

Bismillah.. menuju tatanan baru… Semoga kita semua bisa kembali normal dan selalu waspada…

Bersama membangun bangsa..
Bersinergi memajukan negeri..
Berkarya untuk sesama..

Jogja, Juli 2020